Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia atau disingkat AKMI merupakan bentuk evaluasi baru yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam. AKMI juga merupakan bentuk penilaian kompetensi mendasar terhadap siswa-siswi madrasah mulai dari tingkat MI, MTs dan MA.
Jenis-jenis penilaian dalam evaluasi AKMI
Adapun jenis-jenis penilaian kompetensi yang terdapat pada AKMI yaitu :
1.Literasi Membaca.
Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, mereflesikan, berbagai jenis teks untuk menyelesaikan berbagai masalah, mengembangkan kapasitas individu sebagai warga negara dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.
2. Literasi Numerasi
Literasi numerasi adalah kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari.
3. Literasi Sains
Literasi sains merupakan pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil kesimpulan berdasarkan fakta, memahami karakteristik sains, serta kesadaran bagaimana sains dan teknologi dapat mempengaruhi manusia dan kehidupan.
4. Literasi Sosial Budaya
Literasi sosial budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa, dan kemampuan untuk menerima dan beradaptasi serta bersikap secara bijaksana atas keberagaman. Pada literasi ini terkandung survei karakter.
Tujuan AKMI
Tujuan AKMI ini nantinya dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun rancangan pembelajaran.
Pelaksanaan AKMI di MI PUI Karanganyar
Kegiatan AKMI di MI PUI Karanganyar, mulai dari tahapan gladi sampai tahapan pelaksanaannya, alhamdulillah dapat dilaksanakan secara mandiri. Meskipun perangkat komputer yang kami gunakan berupa laptop madrasah dan guru, itu pun belum memenuhi jumlah siswa peserta AKMI. Tentu hal ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berjuang dan berdo’a mudah-mudahan kedepannya MI PUI Karanganyar memiliki laboratorium komputer yang memadai.